Efek Samping Penggunaan Produk Pewangi dan Pencegahannya

Tujuan menggunakan bahan pewangi adalah untuk menghasilkan bau wangi pada si pemakai, barang pribadi, atau udara di sekelilingnya. Namun, kebanyakan kita tidak menyadari bahwa produk pewangi dapat mendatangkan bahaya bagi kesehatan kita. Efek samping bahan kimia pewangi pada kesehatan manusia, antara lain mengiritasi mata, hidung, tenggorokan, kulit, mengakibatkan mual, pusing, pendarahan, hilang ingatan, kanker dan tumor, kerusakan hati, meyebabkan iritasi ringan hingga menengah pada paru-paru, termasuk gejala seperti asma. 

Selain itu, bahan pewangi yang mengandung chlorofluorocarbon (CFC) dapat menyebabkan lapisan ozon di atmosfer berlubang. 
CFC yaitu zat yang merubah ozon menjadi oksigen. Jika tidak ada ozon maka sinar ultra violet yang masuk kebumi tidak dapat dicegah lagi.
Pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari efek samping produk pewangi adalah sebagai berikut:
1).   Menggunakan bahan pewangi seperlunya.
2). Tidak menggunakan pewangi yang mengandung CFC atau alkohol. Parfum non alcohol merupakan parfum yang tidak mudah menguap dan dapat bertahan dibaju beberapa hari. Parfum non alkhohol dapat dengan jelas dibedakan dengan parfum beralkohol.

Semoga bermanfaat...

0 comments:

Post a Comment