Resep Mengkonsumsi Protein Untuk Diet Sehat

Resep mengkonsumsi makanan yang mengandung protein agar diet menjadi sehat. Diet yang sempurna, yang dapat memberikan  nutrisi yang tepat, terdiri dari diet dengan kombinasi karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin. Di antara semua komponen, protein memiliki peran yang berbeda dan sangat penting untuk menjaga tubuh langsing dan membuatnya kuat. Fungsi utama dari protein adalah menghidupkan kembali jaringan mati dan memungkinkan pertumbuhan sel. Fungsi penting lain yang dilakukan oleh protein dalam tubuh adalah membuat hormon dalam tubuh dan serum lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Protein dari tumbuhan yang bergizi sama seperti protein hewani. Asupan kalori total harus terdiri dari 20 persen. Protein terbuat dari asam amino esensial dan non-esensial.

Sebuah diet normal harus mengandung 15-20% protein. Asupan protein tidak boleh lebih dari 20% seperti yang disarankan oleh penelitian. Protein memberikan kontribusi 4 kalori dari setiap gram yang dikonsumsi oleh tubuh. Kombinasi yang tepat dari asam amino esensial sesuai Recommended Dietary Allowance (RDA) 1989 adalah: Isoleusin (10 mg), Lisin (12mg), Leusin (14 mg), Fenilalanin (14 mg), Metionin (13 mg), Threonine (7MG), Valin (10 mg) dan Tryptophan (3,5 mg). Ini adalah asam-asam amino, yang dibutuhkan tubuh tetapi tidak dapat membuat mereka dan dengan demikian hanya tersedia bagi tubuh dari asupan makanan yang terdiri dari asam amino ini. Dan protein yang dibutuhkan oleh bayi Histidin (28 mg). Jumlah tersebut dari protein yang diambil sesuai dengan berat badan, per kilogram per hari, oleh tubuh.
                                                              
Kebutuhan protein tergantung pada faktor-faktor yang berbeda seperti berat badan, jenis kelamin, usia dan kondisi fisik tubuh. Kebutuhan manusia normal untuk protein bervariasi dengan kebutuhan atlet atau pekerja berat, atau orang yang sedang sakit dan dalam masa penyembuhan juga membutuhkan protein lebih banyak agar badan kembali bugar. Kebutuhan protein pekerja berat berbeda dengan para pekerja biasa. Protein dari tumbuhan dan dari hewan adalah satu-satunya sumber protein dari luar; susu memiliki 8 asam amino yang berbeda yang diperlukan tubuh untuk membangun otot, pengerasan tulang dan memperbaiki sel-sel. Telur juga menyediakan protein lengkap, terutama bagian putih telur.

Seorang individu harus mengambil jumlah yang tepat dari protein, karena jika lebih rendah dari itu  atau lebih tinggi dari itu dapat mempengaruhi fungsi tubuh yang negatif, yang dapat mengakibatkan perbedaan tubuh. Jumlah protein yang disarankan oleh dokter di seluruh dunia dan dengan Recommended Dietary Allowance (RDA) telah disepakati secara universal sebagai asupan yang tepat dari protein bagi individu dengan kebutuhan fisik normal. Kombinasi yang tepat dari protein harus menjadi kombinasi yang tepat dari protein dari makanan vegetarian dan makanan non-vegetarian. Para vegetarian disarankan untuk mengambil beberapa minuman susu bersama dengan sayuran untuk menjaga tingkat protein dalam tubuh pada nilai nominal. Susu memiliki protein yang tinggi dan berkualitas di dalamnya.
Semoga bermanfaat...

0 comments:

Post a Comment