Efek Samping Penggunaan Detergen dan Pencegahannya

Detergen adalah campuran berbagai bahan, yang digunakan untuk membantu pembersihan dan terbuat dari bahan-bahan turunan minyak bumi. Dibanding dengan sabun, detergen mempunyai keunggulan antara lain mempunyai daya cuci yang lebih baik serta tidak terpengaruh oleh kesadahan air. -wikipedia

Efek samping penggunaan sabun atau detergen adalah menimbulkan limbah rumah tangga berupa busa. Busa yang ditimbulkan sabun dapat diuraikan oleh mikroorganisme yang ada di dalam tanah, sedangkan busa yang dihasilkan dari detergen sulit diuraikan oleh mikroorganisme di dalam tanah. Bahan penyusun detergen terdiri atas senyawa berantai lurus dan panjang yang disebut Linear Alkylbenzene Sulphonate (LAS) dan senyawa rantai bercabang yang diebut Alkyl Benzene Sulphonate (ABS). Senyawa LAS lebih mudah diuraikan oleh mikroorganisme dibandingkan dengan senyawa ABS. Tetapi LAS hanya bisa terdegradasi dalam lingkungan aerob (dengan oksigen).

Apa yang harus dilakukan agar efek negatif itu dapat dihindari? Pencegahan yang dapat dilakukan antara lain sebagai berikut:
1). Menggunakan detergen dengan konsentrasi yang encer dan kadar ABS yang rendah.
2). Menggunakan detergen yang mudah terurai, seperti sodium dodesil sulfat (SDS).
3). Menyimpan sabun pada tempat yang benar sehingga jauh dari jangkauan anak.

0 comments:

Post a Comment